Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nik Anda Belum Ditemukan Dalam DTKS Atau P3KE KIP Kuliah

Nik Anda Belum Ditemukan Dalam DTKS Atau P3KE KIP Kuliah. Bagaimana jikaanda menetahui jika nama anda belum ditemukan nik dalam DTKS atau P3KE saat mendaftar KIP Kuliah 2023? Nah, untuk itu sebenarnya bukan masalah tetapi sebagai informasi penting saat mendaftar KIP kuliah 2023.
Nik Anda Belum Ditemukan Dalam DTKS Atau P3KE KIP Kuliah
Apa itu yang di maksud dengan DTKS?

DTKS merupakan data acuan yang dibuat oleh kementerian sosial untuk pemberian bantuan sosial (bansos) yang bersumber dari APBD maupun APBN bagi warga yang tidak mampu. Untuk mengetahui mengenai DTKS KIP Kuliah

Apa itu P3KE?

P3KE merupakan data keluarga serta individu anggota keluarga hasil pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia (Pendataan Keluarga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional/PK-BKKBN 2021) di setiap wilayah pemutakhiran (RT/Dusun/RW) dan setiap tingkatan wilayah administrasi (desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan pusat) yang tersimpan dalam file elektronik dan sudah divalidasi NIK oleh DUKCAPIL serta memiliki status kesejahteraan (Desil).

Status nik anda belum ditemukan dalam DTKS atau P3KE di KIP Kuliah

Untuk para siswa yang pendaftar KIP Kuliah adalah masalah munculnya notifikasi diatas. Sebenarnya, ada beberapa penyebab NIK kita tidak terdaftar di DTKS, antaranya sebagai berikut.
  1. Memang belum terdaftar oleh kemensos melalui desa.
  2. Data NIK di kemensos dan di akun KIP Kuliah berbeda, sehingga saat pengambilan data kemensos di akun KIP Kuliah tidak ditemukan

Kemdalnya bagi yang tidak terdaftar DTKS, maka isian data di akun KIP Kuliah lebih banyak daripada yang belum terdata. Jika biasanya yang sudah terdata DTKS hanya mengisi biodata, keluarga, biodatadan rencana, bagi yang belum terdata DTKS akan mengisi lebih banyak, yaitu ada tambahan kolom menu ekonomi dan aset.

Untuk itu jadi walaupun belum terdata di DTKS, kalian juga punya kesempatan untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan data yang dimasukkan dalam pendaftaran KIP Kuliah benar dan memang dari keluarga yang tidak mampu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran DTKS, bisa ikuti panduan resmi dari pemerintah.