Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beasiswa Unggulan 2023

Beasiswa Unggulan 2023. Beasiswa Unggulan adalah program beasiswa yang ditujukan untuk mendukung pendidikan tinggi bagi mahasiswa berprestasi dan memiliki potensi akademik yang tinggi. Program beasiswa ini biasanya diberikan oleh pemerintah, institusi pendidikan, perusahaan, atau lembaga swadaya masyarakat.
beasiswa unggulan 2023 2024 beasiswa unggulan dapat berapa beasiswa pendidikan indonesia 2023 syarat beasiswa unggulan beasiswa lpdp 2023 beasiswa 2023 beasiswa unggulan login daftar beasiswa unggulan
Beasiswa Unggulan biasanya menawarkan dukungan keuangan yang signifikan, seperti pembebasan biaya kuliah, biaya hidup, atau bantuan untuk kegiatan akademik lainnya seperti penelitian atau studi lapangan. Selain itu, penerima beasiswa Unggulan juga dapat memiliki akses ke program pelatihan, mentorship, atau kesempatan untuk magang di perusahaan atau institusi terkemuka.

Syarat dan ketentuan untuk mendapatkan Beasiswa Unggulan bervariasi, namun biasanya membutuhkan nilai akademik yang sangat baik dan partisipasi aktif dalam kegiatan akademik dan sosial. Mahasiswa juga mungkin perlu menulis esai atau melakukan wawancara untuk memenuhi persyaratan beasiswa.

Dalam memilih Beasiswa Unggulan, penting untuk memeriksa persyaratan dan kriteria yang ditetapkan serta memastikan bahwa beasiswa tersebut sesuai dengan tujuan dan kebutuhan pendidikan Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak penyelenggara beasiswa jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut.

Lantas, kapan Beasiswa Unggulan 2023 ini dibuka?

Sampai saat ini, masih belun ada informasi resmi terkait dibukanya pendaftaran Beasiswa Unggulan 2023. Namun, program beasiswa Kemendikbud ini akan buka pada setiap tahunnya. Jika dilihat dari tahun 2022, periode pendaftaran program ini akan dibuka pada bulan Oktober yaitu pada tanggal 10 – 25 Oktober. Namun, pada tahun-tahun sebelumnya, program tersebut biasanya buka pada bulan Juli – Agustus.

Beasiswa Unggulan ini biasanya dibuka dalam 2 periode pendaftaran atau 2 batch. Namun, saat ini beasiswa tersebut hanya membuka 1 kali pendaftaran dalam setahun.

Terdapat 3 jenis beasiswa yang akan pihak penyelenggara tawarkan dalam program Beasiswa Unggulan di tahun 2022. Biasanya, hal tersebut tidak jauh berbeda, jika di tahun 2023 akan di buka kembali pendaftarannya.

3 Jenis Beasiswa dalam Program Beasiswa Unggulan

Pertama, Masyarakat Berprestasi

Beasiswa dalam negeri untuk jenjang Sarjana, Magister, dan juga Doktoral. Pada jenis beasiswa ini dapat di ikuti oleh calon mahasiswa yang telah mempunyai surat di terima di Perguruan Tinggi ataupun mahasiswa yang telah berkuliah maksimal selama 2 semester.

Kedua, Pegawai Kemendikbud-Ristek

Pada jenis ini, memberikan beasiswa kepada PNS di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan juga Teknologi untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang Magister ataupun Doktoral di dalam ataupun di luar negeri dengan melalui mekanisme tugas belajar.

Ketiga, Penyandang Disabilitas

Beasiswa dalam negeri untuk jenjang Sarjana, Magister, dan juga Doktoral untuk mahasiswa Penyandang Disabilitas. Program Beasiswa Unggulan ini sangat terbuka untuk semua jenjang pendidikan mulai S1, S2, ataupun S3. Semua jurusan bisa mendaftar program ini, selagi mampu memenuhi semua persyaratannya.

Berikut ini merupakan gambaran terkait persyaratan pada program Beasiswa Unggulan 2022.

Persyaratan Beasiswa Unggulan
  1. Beasiswa Program Sarjana
  2. Berusia maksimal 35 tahun.
  3. Mempunyai surat keterangan lulus dari perguruan tinggi.
  4. Telah mempunyai surat keterangan aktif kuliah minimal dari Dekan Fakultas Perguruan Tinggi.
  5. Paling utamakan yang mempunyai kemampuan berbahasa Indonesia di sertai dengan bukti serifikat.

Untuk mahasiswa jenjang S1 yang sedang menjalani perkuliahan harus memiliki nilai IPK semester 1 dan 2 minimal sebesar 3,25. Membuat sebuah karya tulis yang berupa essay dengan menggunakan bahasa Indonesia. (Tema akan pihak penyelenggara tentukan dan minimal 1.000 kata).

Program Magister
  1. Berusia maksimal 40 tahun.
  2. Mempunyai surat keterangan lulus dari perguruan tinggi.
  3. Telah mempunyai surat keterangan aktif kuliah minimal dari Dekan Fakultas Perguruan Tinggi.
  4. Paling utamakan yang mempunyai kemampuan berbahasa Indonesia atau Bahasa Inggris di sertai dengan bukti serifikat.
  5. Nilai IPK S1 minimal 3.25.
  6. Membuat proposal yang berisi terkait rencana studi dan alasan mengambil program studi yang di pilih dan juga rencana penelitian pada tugas akhir/tesis.
  7. Membuat sebuah karya tulis yang berupa essay dengan menggunakan bahasa Indonesia. (Tema akan pihak penyelenggara tentukan dan minimal 1.500 kata).

Beasiswa Program Doktor
  1. Berusia maksimal 45 tahun.
  2. Mempunyai surat keterangan lulus dari perguruan tinggi.
  3. Telah mempunyai surat keterangan aktif kuliah minimal dari Dekan Fakultas Perguruan Tinggi.
  4. Paling utamakan yang mempunyai kemampuan berbahasa Indonesia atau Bahasa Inggris di sertai dengan bukti serifikat.
  5. Nilai IPK S2 minimal 3.40.
  6. Mempunyai proposal penelitian yang disertasi.
  7. Membuat sebuah karya tulis yang berupa essay dengan menggunakan bahasa Indonesia. (Tema akan pihak penyelenggara tentukan dan minimal 1.500 kata).

Nah, itulah informasi terkait informasi Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud. Untuk peryaratannya kurang lebih akan sama sepeerti pada tahun 2022. Oleh karena itu, harap tunggu informasi secara resmi dari Kemendikbud terlebih dahulu mengenai jadwal dan persyaratan terbaru untuk program Beasiswa Unggulan 2023.

Anda bisa terus mengecek informasi tersebut secara berkala pada laman resmi Kemendikbud di beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id

Related searches
  • beasiswa unggulan 2023 2024
  • beasiswa unggulan dapat berapa
  • beasiswa pendidikan indonesia 2023
  • syarat beasiswa unggulan
  • beasiswa lpdp 2023
  • beasiswa 2023
  • beasiswa unggulan login
  • daftar beasiswa unggulan