Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KIP KEMENDIKBUD

KIP KEMENDIKBUD. Melalui pengumuman resmi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek Indonesia) secara resmi membuka pendaftaran kuliah KIP 2023 hari ini, Selasa, 14 Februari 2023.

kip kuliah 2023 cek kip kip sd kip kuliah kemdikbud go id 2023 kip sma sim kip kuliah syarat kip kuliah 2023 daftar kip online

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah sendiri merupakan beasiswa atau bantuan biaya kuliah yang diatur oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Perkuliahan KIP yang dapat diakses melalui tautan kip-kuliah.kemdikbud.go.id ditujukan bagi calon mahasiswa bidang akademik yang terkendala biaya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Bantuan yang diberikan setiap tahun kepada siswa SMA dengan NISN, NPSN, dan NIK ini dimulai hari ini (Selasa, 14 Februari 2023) dan akan berakhir pada 31 Oktober 2023.

Artikel ini tidak hanya menjelaskan proses pendaftaran, tetapi juga jumlah bantuan yang akan diterima oleh pemilik KIP perguruan tinggi pada tahun 2023. Namun perlu dicatat bahwa perkuliahan KIP memberikan beberapa persyaratan kepada calon penerima, antara lain kepemilikan NISN, NPSN dan NIK yang dapat dicek melalui Dapodik. Pada saat yang sama, berinisiatif untuk mengirim email atau email untuk mendapatkan nomor registrasi dan kode akses yang diperlukan.

Berapa bantuan untuk perkuliahan KIP 2023?

KIP Kuliah yang diatur oleh Kemendikbud ini memberikan setidaknya tiga jenis bantuan, yakni pembebasan biaya pendaftaran perguruan tinggi, biaya kuliah per semester dan biaya hidup. 
Dapat diakses melalui kip-kuliah.kemdikbud.go.id, jenis bantuan ini diberikan menurut jumlah kategori yang berbeda.

Bantuan pembebasan biaya pendaftaran universitas berbeda dengan biaya kuliah dan diberikan sebesar Rp 2,4 juta per semester. Biaya kuliah KIP untuk kuliah ini langsung masuk ke universitas penerima.

Sementara itu, besaran tunjangan hidup bagi penerima KIP Kuliah juga diberikan sesuai dengan lama studi dan perlu tidaknya mengikuti kursus profesi.

Bagi penerima kuliah KIP akan mendapatkan tunjangan hidup sebesar Rp 700.000 per bulan yang dibayarkan per semester. Akrual dari total biaya hidup yang diberikan tergantung pada tingkat masa studi normal, yaitu maksimal 8 semester untuk S1, maksimal 6 semester untuk D3, maksimal 4 semester untuk D2 dan maksimal 2 semester untuk D1 .

Siswa yang perlu mengambil kursus profesional juga akan menerima dukungan biaya kuliah dan dukungan biaya hidup yang disebutkan di atas.

Dokter, dokter gigi, dan dokter hewan akan mendapat bantuan biaya hidup hingga 4 semester (total hingga Rp 16,8 juta selama masa studi). Sedangkan untuk profesi perawat, apoteker dan guru akan mendapatkan tunjangan hidup hingga 2 semester (total hingga Rp 8,4 juta selama kuliah).

Bagaimana cara mendaftar KIP Kuliah 2023?

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 sendiri dapat dilakukan dengan mudah melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pelamar adalah sebagai berikut:
  1. Pelamar harus siswa SMA yang telah lulus atau lulus tahun ini atau sederajat. Mahasiswa gap year yang sebelumnya menempuh waktu maksimal 2 tahun masih bisa mendaftar kuliah KIP pada tahun 2023.
  2. Pendaftar memiliki NISN, NPSN dan NIK yang masih berlaku.
  3. Memiliki potensi akademik yang baik namun kendala finansial didukung dengan bukti dokumen yang valid.
  4. SMA/SMK/S2 atau sederajat, lulus pada tahun berjalan, memiliki potensi akademik yang baik, dan memiliki KIP atau kartu keluarga sejahtera atau tercatat dalam Data Komprehensif Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemendikbud untuk urusan sosial.
  5. Melalui seleksi penerimaan mahasiswa baru, Prodi bersertifikasi A atau B diterima di PTN atau PTS, dan Prodi bersertifikasi C memiliki pertimbangan tertentu.

Sementara itu, berikut tata cara pendaftaran kuliah KIP yang dibuka mulai hari ini (Selasa, 14 Februari 2023).
  1. Masuk atau masuk ke laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
  2. Klik 'Mahasiswa Login' di pojok kanan atas jendela kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau scroll ke bawah melalui 'Daftar/Login'.
  3. Jika Anda adalah pendaftar baru dan belum memiliki nomor pendaftaran dan kode akses, silakan klik "Pendaftaran Baru".
  4. Ikuti petunjuk pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id untuk proses selanjutnya.

Related searches
  • kip kuliah 2023
  • cek kip
  • kip sd
  • kip kuliah kemdikbud go id 2023
  • kip sma
  • sim kip kuliah
  • syarat kip kuliah 2023
  • daftar kip online