Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APAKAH DESIL 4 BISA LOLOS KIP KULIAH

APAKAH DESIL 4 BISA LOLOS KIP KULIAH. Saat ini banyak orang yang mencari apa itu desil, apa itu standar desil 1, apa yang dimaksud dengan desil, bagaimana cara mencari desain di DTKS Kemensos, dan tujuan musrenbang DTKS Kemensos.

dtks portal snpmb nisn

Mengetahui apa kepanjangan dari desil KIP Kuliah, mengetahui apa kepanjangan dari desil KIP Kuliah dan bagaimana cara mengetahui desil dan standarnya di DTKS Kemensos.

KIP Perguruan Tinggi atau Kartu Indonesia Pintar - Perguruan Tinggi merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA sederajat dengan potensi akademik dan keterbatasan finansial.

KIP Lectures hadir untuk membantu mahasiswa yang memiliki keterbatasan finansial namun berprestasi yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Kemudian, program ini juga bertujuan untuk memperluas akses ke lembaga pasca sekolah menengah dan kesempatan belajar bagi siswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Bantuan ini diberikan kepada mahasiswa yang telah lulus SNMPTN, UTBK SBMPTN dan ujian mandiri baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Seperti diketahui, Puslapdik Kemendikbudristek memulai pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Mandiri Pidato Tahun 2023 mulai hari ini, Rabu, 15 Februari 2023.

Untuk pendaftaran akun atau pendaftaran kuliah KIP Merdeka dilakukan mulai tanggal 14 Februari sampai dengan 31 Oktober 2023 dan akan ditentukan penerimanya pada tanggal 1 Juli sampai dengan 31 Oktober 2023.

Ada beberapa persyaratan untuk mendaftar KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023 yaitu, penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA pada tahun yang sama dan telah lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau dinyatakan lulus maksimal dua tahun sebelumnya. .

Peserta didik harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Induk Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan alamat email yang valid sesuai dengan data yang tercatat di Data Dasar Pendidikan (Dabo Dick) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .

Calon penerima kemudian harus memiliki potensi akademik yang baik namun dengan kendala finansial yaitu harus didukung dengan bukti dokumen yang valid.

Persyaratan lainnya adalah siswa SMA/SMK/S2 atau sederajat, lulus pada tahun berjalan, memiliki potensi akademik yang baik, dan memiliki KIP atau KK atau terdaftar di Data Komprehensif Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial (DTKS).

Selanjutnya melalui seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan penerimaan program studi dengan akreditasi A atau B pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dengan kemungkinan beberapa pertimbangan pada program studi dengan akreditasi C.

Sementara untuk tahap pendaftaran KIP Kuliah, mahasiswa dapat langsung mendaftar di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui aplikasi mobile KIP Kuliah.

Mahasiswa kemudian memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif pada saat pendaftaran, yang kemudian diverifikasi dan diuji kelayakannya oleh sistem KIP Perkuliahan.

Jika proses verifikasi berhasil maka Sistem KIP Perkuliahan akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang terdaftar.

Lantas, apa itu desil KIP Kuliah?

Desil KIP adalah kelompok yang menggambarkan tingkat manfaat yang diperhitungkan secara nasional, yang hanya desil 1-4 yang berhak mengikuti perkuliahan KIP.

Keluarga dalam DTKS dibagi menjadi kelompok yang disebut Desil. Desil adalah kelompok persepuluhan yang menunjukkan tingkat kesejahteraan rumah tangga.

Berikut penjelasannya:
  1. Desil 1 adalah kelompok rumah tangga dengan persentase 10% terendah.
  2. Desil ke-2 adalah kelompok rumah tangga dengan persentase terendah, 10%-20%.
  3. Desil 3 adalah kelompok keluarga dengan persentase terendah, 20%-30%, dan seterusnya.
  4. Desil ke-10 adalah kelompok 10% rumah tangga dengan tingkat kesejahteraan tertinggi.

Berikut cara pengecekan desil pada DTKS di Kemensos:
  1. Kunjungi https://cekbansos.kemensos.go.id/
  2. Masukkan nama provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa dan penerima. Kemudian masukkan kode huruf dan klik Cari Data.

Berikut penjelasan tentang apa kepanjangan dari desil KIP Kuliah, mengetahui apa kepanjangan dari desil KIP Kuliah, bagaimana cara mengetahui desil dan standarnya di DTKS Kemensos. ***



Related searches
  • dtks
  • portal snpmb
  • nisn