Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TERBARU dan LENGKAP !!! Cara Daftar KIP-Kuliah untuk SNPMB 2023

TERBARU dan LENGKAP !!! Cara Daftar KIP-Kuliah untuk SNPMB 2023Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP)-Kuliah Merdeka 2023 untuk Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) sudah dibuka sejak 14 Februari 2023. Sobat Medcom yang ingin mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Jalur Mandiri sudah bisa mulai mendaftar KIP-Kuliah Merdeka.
login kip kuliah kip kuliah kemdikbud go id 2023 pendaftaran kip kuliah 2023/2024 daftar kip kuliah kip sma kip 2022 syarat kip kuliah 2023 daftar kip online
Untuk mendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP), silakan ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Siapkan persyaratan yang diperlukan, yaitu:
  2. Fotokopi kartu keluarga (KK)
  3. Fotokopi buku tabungan atau rekening listrik
  4. Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau desa setempat
  5. Surat keterangan dari sekolah atau lembaga pendidikan yang menyatakan bahwa anak tersebut bersekolah di lembaga tersebut
  6. Pas foto ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar
  7. Kartu identitas (KTP/SIM/Passport) orang tua atau wali
  8. Datang ke kantor Dinas Pendidikan setempat atau ke kantor pos terdekat yang menjadi tempat pendaftaran KIP.
  9. Isi formulir pendaftaran KIP dan serahkan persyaratan yang diperlukan kepada petugas.
Tunggu pengumuman dari pihak Dinas Pendidikan setempat atau kantor pos terkait kelulusan pendaftaran dan pencairan dana KIP.

Jika sudah dinyatakan lulus, Anda akan menerima Kartu Indonesia Pintar yang berisi informasi tentang besaran dana yang akan diterima, serta waktu dan cara pencairan dana tersebut.

Pendaftaran KIP-Kuliah Merdeka untuk seluruh jalur masuk dilakukan online melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Pendaftaran juga dapat dilakukan dengan mengunduh dan menginstalasi KIP Kuliah Merdeka mobile apps berbasis Android di Play Store.

Pendaftaran akun di SIM KIP Kuliah dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu siswa mendaftar mandiri atau perguruan tinggi mendaftarkan mahasiswa yang sudah diterima dan melakukan registrasi.

Berikut tahapan pendaftaran KIP Kuliah Merdeka dikutip dari laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id:
  1. Siswa melakukan Pendaftaran Akun mandiri di SIM KIP Kuliah melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps berbasis android
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah. Apabila proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan. Pastikan siswa mendaftarkan email yang aktif agar dapat melihat kode akses yang dikirimkan.
  4. Siswa masuk ke dalam SIM KIP Kuliah dengan memasukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses untuk menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNBP/SNBT/Jalur Mandiri)
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau SIM KIP Kuliah sesuai jalur seleksi yang dipilih pada seleksi nasional atau pada seleksi masuk di perguruan tinggi
  6. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.
Apabila masih kesulitan bisa bertanya ke email pengaduan di alamat pengaduan@kemdikbud.go.id. Atau bisa juga memanfaatkan sosial media resmi KIP Kuliah Merdeka dari Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan di akun Instagram @puslapdik_dikbud.

Related searches
  • login kip kuliah
  • kip kuliah kemdikbud go id 2023
  • pendaftaran kip kuliah 2023/2024
  • daftar kip kuliah
  • kip sma
  • kip 2022
  • syarat kip kuliah 2023
  • daftar kip online