Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juknis PPG Prajabatan 2023 Kemenag

Juknis PPG Prajabatan 2023 Kemenag. Juknis PPG Prajabatan adalah pedoman teknis yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia tentang pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi calon guru pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang belum memenuhi syarat akademik.
pendaftaran ppg prajabatan 2023 ppg kemdikbud 2023 ppg prajabatan login ppg kemenag lptk ppg prajabatan 2022 ppg 2023 ppg uny ppg simpkb
Berikut adalah beberapa poin penting dalam Juknis PPG Prajabatan:
  1. Calon peserta PPG Prajabatan harus memiliki ijazah sarjana atau diploma empat dari perguruan tinggi yang terakreditasi.
  2. Peserta PPG Prajabatan akan mengikuti program selama 1 tahun dengan sistem magang di sekolah.
  3. Peserta PPG Prajabatan akan menerima tunjangan dari pemerintah selama mengikuti program.
  4. Setelah lulus dari PPG Prajabatan, peserta akan mendapatkan sertifikat pendidik dan dapat melamar menjadi guru pada sekolah yang telah ditentukan oleh Kemendikbudristek.

Namun, perlu diingat bahwa informasi tentang Juknis PPG Prajabatan dapat berubah sesuai dengan kebijakan terbaru yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu memperbarui informasi terbaru dari sumber resmi.

Aturan Kuota Pendaftaran PPG Prajabatan 2023 Kemenag

Kuota PPG Prajabatan 2023 Kemenag menyesuaikan peta kebutuhan guru nasional. Kemenag menentukan kuota nasional minimal setahun sebelum PPG Prajabatan dilaksanakan, sesuai dengan petunjuk teknis yang dirilis.

Sebagai gambaran, data Kemenag periode Ganjil 2021/2022 per 12 November 2021 menyebutkan, terdapat 54.384 mahasiswa fakultas agama di Indonesia. Dari jumlah tersebut, lulusan guru jenjang pendidikan S1 ada 2.303 orang.

Data Statistik Pendidikan Islam dari EMIS Pendis periode Ganjil 2019/2020 menunjukkan adanya 29.842 lembaga pendidika jenjang RA Swasta, 23.884 lembaga MI Swasta, dan 1.709 lembaga MI Negeri. Ada pula 16.677 lembaga pendidikan MTs Swasta, 1.499 lembaga MTs Negeri, dan 8.005 lembaga MA Swasta, serta 802 lembaga MA Negeri.

Juknis PPG Prajabatan 2023 Kemenag tidak mencantumkan detail kuota. Adapun kuota tersebut diumumkan ketika pendaftaran resmi dibuka.

Syarat Pendaftaran PPG Prajabatan 2023 Kemenag

Untuk mendaftar PPG Prajabatan Kemenag 2023, Anda wajib memenuhi persyaratan berikut:
  • Lulusan Program Sarjana dengan Program Studi terakreditasi minimal B (Baik Sekali);
  • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 3,00 (tiga koma nol);
  • Program studi S1 linier dengan bidang studi pada Program Studi PPG Prajabatan
  • Calon peserta terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) dan sistem manajemen informasi yang dikelola oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama bagi lulusan Ma’had Aly;
  • Sehat jasmani dan rohani, dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumahsakit pemerintah/puskesmas (dibawa pada saat lapor diri);
  • Berkelakuan baik, dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (dibawa pada saat lapor diri).

Alur Pendaftaran PPG Prajabatan 2023 Kemenag

Juknis dari Kemenag menjelaskan alur pendaftaran PPG Prajabatan 2023. Pertama, Kemenag akan mengumumkan jadwal pendaftaran penerimaan mahasiswa program studi PPG secara daring. Setelah itu, calon mahasiswa dapat mendaftar melalui sistem aplikasi pendaftaran. Di tahap ini, calon mahasiswa diminta mengunggah dokumen persyaratan. Sistem bakal menyeleksi kelengkapan administrasi dari para pendaftar.

Jika lolos seleksi administrasi, calon mahasiswa selanjutnya wajib mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Bidang (TKB), Tes Kemampuan Pedagogik (TKP), dan Tes Bakat, Minat, Kepribadian (TBMK).

Tahap terakhir, bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi TPA, TKB, TKP, dan TBMK, wajib mengikuti Tes Wawancara serta verifikasi dokumen pendukung. Dua tes tersebut dilaksanakan di LPTK dengan membawa dokumen pendukung asli.

Related searches
  • pendaftaran ppg prajabatan 2023
  • ppg kemdikbud 2023
  • ppg prajabatan login
  • ppg kemenag
  • lptk ppg prajabatan 2022
  • ppg 2023
  • ppg uny
  • ppg simpkb