Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara cek NISN.data. Kemdikbud.go.id

Cara cek NISN.data. Kemdikbud.go.id. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah sebuah kode unik yang diberikan kepada setiap siswa di Indonesia. NISN berfungsi sebagai identitas resmi siswa dalam sistem pendidikan nasional dan digunakan untuk memantau kinerja akademik siswa secara nasional. NISN terdiri dari 10 digit angka yang terdiri dari kode provinsi, kode sekolah, kode wilayah sekolah, dan nomor urut siswa.
Cara cek NISN.data. Kemdikbud.go.id
Setiap siswa yang telah terdaftar di sekolah yang terdaftar di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) akan diberikan NISN oleh dinas pendidikan setempat. NISN biasanya digunakan sebagai syarat pendaftaran dalam seleksi perguruan tinggi atau dalam pendaftaran program beasiswa.

Untuk para Pelajar, orang tua, dan guru perlu tahu cara cek NISN online melalui basis data milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pasalnya, NISN dapat digunakan untuk mengidentifikasi siswa di seluruh sekolah di Indonesia.

NISN sendiri merupakan kepanjangan dari Nomor Induk Siswa Nasional. Pengertian NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa. Kode ini dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan sekolah Indonesia di luar negeri.

Biasanya, NISN akan diberikan kepada setiap peserta didik atau pelajar yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di Data Referensi Kemendikbudristek.

Sistem pengelolaan NISN secara nasional dilakukan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbudristek. Pengelolaan sistem NISN ini masuk dari program Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbudristek.

Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN di laman nisn.data.kemdikbud.go.id.

Cara Cek NISN Online Pakai Nama Siswa

Cara cek NISN online dapat dilakukan dengan menggunakan data siswa, seperti nama serta tempat dan tanggal lahir. Berikut cara cek NISN berdasarkan nama siswa tanpa perlu repot bertanya ke pihak administrasi sekolah.
  • Buka nisn.data.kemdikbud.go.id di browser perangkat
  • Pilih menu 'Pencarian Nama'
  • Masukkan nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu
  • Centang 'I'm not a robot' untuk verifikasi NISN
  • Tekan 'Cari Data'
  • Kemendikbudristek akan memberi informasi mengenai NISN
  • Tujuan dan Manfaat NISN
Berikut tujuan dan manfaat NISN.

Mengidentifikasi setiap pelajar atau peserta didik di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten, dan berkesinambungan.

Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit-unit kerja di Kemendikbudristek, Dinas Pendidikan di daerah, sampai sekolah yang bersifat standar, terpadu, dan akuntabel. Pusat layanan ini pun dibangun dengan berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkini.

Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, dan statistik pendidikan. Sebagai pendukung untuk penerapan program pendidikan di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten, sampai sekolah, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), PIP, ujian nasional, dan ujian seleksi masuk perguruan tinggi.

Demikian cara cek NISN online tanpa perlu repot tanya ke pihak administrasi sekolah. Semoga bermanfaat.