Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Bansos-Kemensos-go-id

Cek Bansos-Kemensos-go-id. Buka cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Penerima dan Cara Pencairan Bansos Rp 300.000
Cek Bansos-Kemensos-go-id
Halo, sobat semua! Apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu, ya. Kali ini, saya mau berbagi informasi tentang cara cek penerima bansos atau bantuan sosial dari pemerintah. Bansos ini diberikan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Siapa saja yang berhak mendapatkan bansos ini? Bagaimana cara mengeceknya? Simak ulasan berikut, yuk!

Bansos yang diberikan oleh pemerintah meliputi bantuan tunai, bantuan sembako, bantuan kuota internet, dan bantuan lainnya. Bansos ini ditujukan untuk masyarakat miskin, masyarakat rentan, dan masyarakat terdampak Covid-19. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bansos ini, antara lain:
  1. Memiliki KTP atau Kartu Keluarga
  2. Terdaftar sebagai penerima PKH, BPNT, atau Bansos Tunai
  3. Tidak memiliki penghasilan tetap atau berkurang akibat pandemi
  4. Tidak memiliki aset atau tabungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
Jika Anda memenuhi syarat-syarat di atas, Anda bisa mengecek apakah Anda termasuk dalam daftar penerima bansos atau tidak. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeceknya, yaitu:
  1. Melalui website resmi Kemensos RI di https://cekbansos.kemensos.go.id/
  2. Melalui aplikasi DTKS Online yang bisa diunduh di Play Store atau App Store
  3. Melalui SMS dengan format BANSOS (spasi) NIK (spasi) NO KK dan kirim ke 62065
  4. Melalui call center Kemensos RI di 1500299
Setelah Anda mengecek status Anda sebagai penerima bansos, Anda bisa mengambil bansos tersebut sesuai dengan jenis dan mekanismenya. Misalnya, untuk bansos tunai, Anda bisa mengambilnya di kantor pos atau bank terdekat dengan menunjukkan KTP dan KK. Untuk bansos sembako, Anda bisa mengambilnya di e-warung atau agen BRILink dengan menunjukkan KTP dan KK. Untuk bansos kuota internet, Anda bisa mengaktifkannya dengan cara mengirim SMS ke nomor tertentu sesuai dengan provider Anda.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan tentang cara cek penerima bansos. Semoga bermanfaat dan membantu Anda yang membutuhkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan protokol kesehatan, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!