Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KIP Kuliah Merdeka

KIP Kuliah Merdeka adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah untuk lulusan SMA sederajat yang memiliki keterbatasan ekonomi dan potensi akademik yang baik. Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Berikut adalah cara daftar KIP Kuliah Merdeka tahun 2023, syarat dan siapa saja yang layak mendapatkannya.
KIP Kuliah Merdeka
Cara Daftar KIP Kuliah Merdeka 2023

Untuk mendaftar KIP Kuliah Merdeka 2023, kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Kunjungi laman Sistem KIP Kuliah di website kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan lakukan pendaftaran individu dengan memasukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email aktif.
  2. Sistem akan memvalidasi data kamu dan kelayakan kamu untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka berdasarkan kriteria sosial ekonomi dan potensi akademik.
  3. Jika validasi berhasil, sistem akan memberikan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email kamu.
  4. Selesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah Merdeka dan pilih jalur seleksi yang akan kamu ikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).
  5. Selesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang kamu pilih.
  6. Jika kamu dinyatakan diterima di perguruan tinggi, kamu akan diverifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.
Syarat KIP Kuliah Merdeka 2023

Sebelum mendaftar KIP Kuliah Merdeka 2023, kamu harus memenuhi syarat-syarat berikut ini :
  1. Kamu adalah lulusan SMA sederajat yang lulus pada tahun 2023 atau maksimal lulus dua tahun sebelumnya, yaitu tahun 2022 atau 2021.
  2. Kamu lolos seleksi penerimaan mahasiswa baru lewat jalur masuk akademik maupun vokasi dan diterima di perguruan tinggi negeri atau swasta pada program studi yang sudah terakreditasi.
  3. Kamu memiliki potensi akademik yang baik dan memiliki kondisi ekonomi keluarga kurang mampu atau dengan pertimbangan khusus yang bisa dibuktikan dengan dokumen yang sah.

Siapa Saja yang Layak Mendapatkan KIP Kuliah Merdeka 2023

Selain memenuhi syarat-syarat di atas, kamu juga harus masuk dalam salah satu prioritas berikut ini untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka 2023:
  1. Kamu adalah penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dalam bentuk KIP Pendidikan Menengah (SMA/SMK) yang sudah terdata di Dapodik dan SiPintar.
  2. Kamu tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau keluargamu adalah penerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial.
  3. Kamu sudah tercatat sebagai kelompok masyarakat miskin atau rentan miskin maksimal hingga desil 3 sesuai basis data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang ditetapkan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
Demikianlah informasi tentang cara daftar KIP Kuliah Merdeka 2023, syarat dan siapa saja yang layak mendapatkannya. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selamat mencoba!

Sumber : detik.com