Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Saldo Pip Di Hp 2023

Cara Cek Saldo Pip Di Hp 2023. Artikel ini akan menyajikan informasi terkait cara cek penerima dan saldo Program Indonesia Pintar (PIP) Kemdikbud 2023 melalui link pip.kemdikbud.go.id. Pemerintah dikabarkan tengah bersiap untuk kembali menyalurkan PIP Kemdikbud di tahun 2023 ini.
pip kemdikbud go id 2023 cek saldo cek pip online pip kemdikbud go id login https pip kemdikbud go idindexcek nisn
Diketahui Bersama, PIP Kemdikbud ini merupakan bantuan dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang ditujukan kepada para siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Melalui PIP Kemdikbud ini, para siswa tersebut diharapkan terus mendapatkan layanan untuk menamatkan pendidikannya hingga tingkat menengah. Selain itu, PIP Kemdikbud ini juga bertujuan untuk mencegah para siswa dari kemungkinan putus sekolah, serta menarik kembali para siswa yang sempat putus sekolah untuk kembali melanjutkan pendidikannya.

PIP Kemdikbud ini disalurkan pemerintah kepada siswa yang tengah menempuh pendidikan baik jalur formal (SD, SMP, SMA/SMK), maupun jalur non formal seperti Paket A hingga Paket C dan pendidikan khusus.Perlu dicatat, hanya siswa yang telah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) saja yang akan mendapatkan PIP Kemdikbud ini.

Nominal PIP Kemdikbud yang akan didapatkan oleh para siswa tentu akan berbeda-beda, berikut rinciannya:
  1. Siswa SD/SDLB/Paket A akan menerima PIP Kemdikbud sebesar Rp450.000 per tahun.
  2. Siswa SMP/SMPLB/Paket B akan menerima PIP Kemdikbud sebesar Rp750.000 per tahun.
  3. Siswa SMA/SMK/Paket C akan menerima PIP Kemdikbud sebesar Rp1 juta per tahun.
Mengacu pada ketentuan di tahun 2022 kemarin, penyaluran PIP Kemdikbud tahap 1 diperkirakan akan berlangsung pada Februari hingga April, tahap 2 pada Mei hingga September, dan juga tahap 3 pada Oktober hingga Desember. Para siswa yang telah melakukan aktivasi rekening di bank penyalur, yakni Bank BRI dan Bank BNI bisa langsung melakukan pencairan PIP Kemdikbud ini.

Sebelumnya, para siswa dapat melakukan cek penerima dan saldo PIP Kemdikbud ini terlebih dahulu secara online melalui link pip.kemdikbud.go.id. Dengan melakukan cek penerima dan saldo, para siswa dapat memastikan ulang apakah berhak mendapatkan PIP Kemdikbud di tahun ini, serta dapat mengetahui jumlah saldo yang tersisa pada KIP.

Berikut adalah cara cek penerima dan saldo PIP Kemdikbud melalui link pip.kemdikbud.go.id.
  • Buka link pip.kemdikbud.go.id menggunakan browser yang terdapat di masing-masing HP.
  • Setelah link pip.kemdikbud terakses, segera isi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan juga Nomor Induk Kependudukan (NIK) siswa bersangkutan.
  • Terakhir, jawablah soal perhitungan yang diberikan.
  • Pastikan data NISN dan NIK telah sesuai, kemudian kirimkan data dengan klik 'Cek Penerima PIP' yang ditandai dengan tombol berwarna biru.***
berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai cara mengecek saldo PIP (Program Indonesia Pintar):
  1. Melalui Aplikasi PIPLangkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi PIP pada perangkat smartphone Anda. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.Setelah menginstal aplikasi, buka aplikasi PIP dan masuk dengan menggunakan nomor induk siswa (NIS) dan kata sandi yang telah Anda terima saat mendaftar PIP.
  2. Setelah berhasil masuk, pada halaman utama aplikasi, Anda akan melihat informasi saldo PIP Anda.
  3. Melalui Website Resmi PIP
  4. Buka browser di perangkat Anda dan kunjungi situs web resmi PIP (https://pip.kemdikbud.go.id).
  5. Setelah berada di halaman utama situs web PIP, cari opsi "Cek Saldo" atau "Login" dan klik pada opsi tersebut.
  6. Anda akan diarahkan ke halaman login. Masukkan NIS dan kata sandi yang telah Anda terima saat mendaftar PIP.
  7. Setelah berhasil masuk, Anda akan melihat informasi saldo PIP Anda di halaman akun Anda.
  8. Melalui SMS
  9. Buka aplikasi pesan teks di ponsel Anda dan buat pesan baru.
  10. Ketikkan PIP(spasi)SALDO(spasi)NIS, kemudian kirim pesan tersebut ke nomor SMS center yang ditentukan oleh pemerintah atau operator telekomunikasi.
  11. Dalam beberapa saat, Anda akan menerima balasan SMS yang berisi informasi saldo PIP Anda.

Melalui Kantor Sekolah

Anda juga dapat mengunjungi kantor sekolah Anda dan bertanya kepada staf administrasi atau guru yang bertugas mengenai cara mengecek saldo PIP. Biasanya, sekolah memiliki akses ke portal PIP dan dapat membantu Anda dalam mengecek saldo atau memberikan informasi yang Anda butuhkan.

Pastikan untuk selalu melindungi informasi pribadi Anda dan menjaga kerahasiaan kata sandi PIP Anda. Jika Anda mengalami masalah atau kesulitan dalam mengecek saldo PIP, disarankan untuk menghubungi pihak yang berwenang seperti Dinas Pendidikan setempat atau pusat layanan PIP untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Keyword
  • pip kemdikbud go id 2023 cek saldo
  • cek pip online
  • pip kemdikbud go id login
  • https pip kemdikbud go idindexcek nisn