Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak, Inilah 8 Tahapan Usai Lulus Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2023

Simak, Inilah 8 Tahapan Usai Lulus Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2023
Hasil seleksi akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 1 Tahun 2023 resmi diumumkan.
setelah lulus ukmppg daljab 2023 simpkb
Hasil seleksi akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 1 Tahun 2023 bisa dicek melalui laman ppg atau akun SIMPKB masing-masing peserta.

Berikut adalah 8 tahapan yang harus dilalui setelah lulus seleksi akademik PPG dalam jabatan:
  1. Seleksi Administrasi: Setelah lolos seleksi akademik, Anda harus mengikuti seleksi administrasi untuk memenuhi persyaratan administrasi yang ditetapkan oleh pihak PPG.
  2. Seleksi Kepribadian: Pada tahap ini, Anda akan diuji kepribadian melalui tes psikologi yang bertujuan untuk mengetahui karakter dan sikap Anda dalam bekerja.
  3. Seleksi Keterampilan: Setelah lolos seleksi kepribadian, Anda akan mengikuti seleksi keterampilan yang meliputi tes wawancara, tes praktek, dan pengamatan langsung terhadap kinerja Anda dalam melakukan tugas yang terkait dengan bidang PPG.
  4. Seleksi Kompetensi: Pada tahap ini, Anda akan diuji kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan dalam bidang PPG. Tes ini meliputi tes tertulis dan tes praktek.
  5. Penentuan Dosen Pembimbing: Setelah lolos seleksi kompetensi, Anda akan ditentukan dosen pembimbing yang akan membantu Anda dalam proses belajar dan mengajar.
  6. Kegiatan Awal: Pada tahap ini, Anda akan mengikuti kegiatan awal yang meliputi orientasi, pembekalan, dan pelatihan dasar.
  7. Kegiatan Utama: Setelah mengikuti kegiatan awal, Anda akan memasuki tahap kegiatan utama yang meliputi proses belajar dan mengajar, supervisi, dan evaluasi.
  8. Penilaian Akhir: Pada tahap ini, Anda akan dinilai oleh tim penilai yang akan mengevaluasi kinerja Anda selama proses belajar dan mengajar di PPG dalam jabatan.

Berikut ini 10 tahapan PPG Dalam Jabatan Tahun 2023 hingga guru memperoleh 
sertifikat pendidik dan bergelar sebagai guru profesional.
  1. Pendaftaran dan seleksi administrasi
  2. Lulus seleksi akademik
  3. Konfirmasi kesediaan
  4. Penetapan calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahun 2023
  5. Lapor diri
  6. Analisis materi pembelajaran berbasis masalah, literasi, dan HOTS 5 SKS
  7. Desain pembelajaran inovatif 3 SKS
  8. Uji konfrehensif
  9. Praktik pembelajaran inovatif
  10. UKMPPG dengan rincian UKIN 4 hari dan UP 2 hari.

Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil seleksi akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 1 Tahun 2023 bisa mengikuti langkah berikut:
  • Masuk ke laman https://ppg.simpkb.id/
  • Login menggunakan akun SIMPKB masing-masing
  • Jika semua sudah dimasukan dengan benar, naka akan muncul hasil seleksi akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 1 Tahun 2023.

Seperti diketahui sebelumnya, pengumuman hasil seleksi akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahap 1 awalnya dijadwalkan pada 29 April 2023. Namun karena terdapat cuti bersama yang dimulai pada 29 April 2023, maka jadwal pengumuman hasil seleksi ditunda.

"Berdasarkan surat Kemdikbudristek Nomor 0840/B2/GT.00.03/2023 Tanggal 1 April 2023 tentang Informasi Persiapan dan Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2023, pengumuman tersebut akan disampaikan pada tanggal 29 April 2023," demikian pengumuman dari Direktorat jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud.

Sebelumnya Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah melaksanakan seleksi akademik tahap 1 pada tanggal 9 - 24 April 2023 yang terbagi dalam lima periode.***

Related searches
  • setelah lulus ukmppg daljab 2023
  • simpkb