Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh dan Cara Mengisi transportasi KIP Kuliah 2023

Contoh dan Cara Mengisi transportasi KIP Kuliah 2023. Cara mengisi transpor KIP Kuliah adalah sebagai salah satu tahap pendaftaran untuk mendapat bantuan biaya pendidikan dari pemerintah.
transportasi harian jalur darat kip kuliah biaya transportasi kip kuliah 2023 aset kip kuliah prestasi kip kuliah seleksi kip kuliah
Kolom rencana tranpor adalah bagian keterangan yang harus diisi dalam formulir pendaftaran. Yang meliputi tempat tinggal hingga estimasi biaya transportasi bagi peserta pemohon KIP Kuliah. Bagian kolom rencana wajib diisi dengan detail supaya pihak penyelenggara KIP Kuliah bisa menentukan jumlah biaya hidup yang peserta perlukan dal pendidikan nantinya.

Sebab uang saku untuk biaya hidup yang diberikan ke peserta KIP Kuliah adalah berbeda-beda nominalnya tergantung wilayah domisili mahasiswa.

Contoh dan Cara Mengisi Rencana transpotasi KIP Kuliah 2023:
  1. Login dengan akun terdaftar di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login.
  2. Di halaman utama akan terlihat beberapa kolom yang wajib diisi semua oleh peserta. Mulai dari kolom Biodata, Keluarga, Ekonomi, Rumah, Aset, Prestasi, dan Rencana.
  3. Selanjutnya pilih kolom Rencana.
  4. Klik opsi Perbarui Rencana.
  5. Opsi pertama adalah Rencana Tinggal, Pilihannya: Bersama Keluarga/Kenalan, Kos/Sewa, Pesantren, atau Belum Ada. Sebagai contoh pilih Bersama Keluarga/Kenalan.
  6. Opsi kedua adalah Dukungan Keluarga. Maksudnya, apakah keluarga mengizinkan kamu melanjutkan kuliah atau tidak. Silakan pilih salah satu opsi: Ya atau Tidak.
  7. Opsi ketiga ada Transportasi Asal. Pilihannya: Pesawat Terbang, Kapal Laut, Jalur Darat. Contohnya, jika merantau dari domisili asal Pulau Sumatra ke Pulau Jawa tempat kuliah, bisa klik Kapal Laut dan Jalur Darat.
  8. Opsi keempat ada Transportasi Harian. Pilihannya; Sepeda Motor, Sepeda, Jalur Darat. Ini adalah rencana jika nanti ke tempat kuliah akan menggunakan transportasi apa. Contohnya, pilih Jalur Darat.
  9. Opsi kelima ada Biaya Transportasi. Isinya mencakup nominal biaya yang dikeluarkan peserta ketika berangkat dari domisili asal ke tempat kuliah saat daftar ulang. Contohnya, Biaya Transportasi Rp1 juta.
  10. Setelah itu klik Perbarui Rencana.
  11. Peserta bisa lanjut pilih kolom Seleksi dan mengisi instruksi pendaftaran sampai dengan selesai.
  12. Di tahap akhir yaitu pilih opsi Cetak Kartu Peserta dan Cetak Formulir.
Besaran Uang Saku KIP Kuliah

Berikut estimasi besaran biaya hidup atau uang saku KIP Kuliah tahun lalu yaitu 2023 yang diberikan kepada peserta penerima manfaat bantuan.
  1. Kluster 1: Rp800 ribu per bulan.
  2. Kluster 2: Rp950 ribu per bulan.
  3. Kluster 3: Rp1,1 juta per bulan.
  4. Kluster 4: Rp1,25 juta per bulan.
  5. Kluster 5: Rp1,4 juta per bulan.
Jumlah tersebut di luar biaya pendidikan yang ditanggung KIP Kuliah. biaya hidup diberikan langsung kepada peserta ke rekening masing-masing, sedangkan biaya pendidikan akan langsung diterima oleh perguruan tinggi terkait. Untuk besaran uang saku KIP Kuliah 2023 bisa saja ada perubahan atau mungkin tidak, tergantung dari pihak penyelenggara.

Jadi Peserta pemohon wajib mengisi informasi dengan detail di setiap kolom pendaftaran. Itulah contoh dan cara mengisi rencana KIP Kuliah 2023.

Related searches
  • transportasi harian jalur darat kip kuliah
  • biaya transportasi kip kuliah 2023
  • aset kip kuliah
  • prestasi kip kuliah
  • seleksi kip kuliah