Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sinkronisasi KIP Kuliah Dengan SNBP 2023

Cara Sinkronisasi KIP Kuliah Dengan SNBP 2023. Permasalahan yang sering dibahas di media sosial khususnya di Instagram dan Twitter, yaitu mengenai pendaftaran KIP Kuliah tahun 2023 yang ternyata kerap kali muncul kendala atau masalah perihal sinkronisasi KIP Kuliah yang tidak ada (tidak muncul).
Cara Sinkronisasi KIP Kuliah Dengan SNBP 2023

Para mahasiswa bisa melakukan cek secara berkala status sinkronisasi KIP Kuliah di akun Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) masing-masing. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah memulai tahapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di tahun 2023.

Pada seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ini pihak penyelenggara SNPMB membuka penerimaan mahasiswa baru melalui tiga jalur, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri oleh PTN.

SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta portofolio akademik dan non akademik peserta didik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA/Sederajat dengan masa belajar tiga tahun atau pada semester satu sampai semester tujuh bagi peserta didik SMK dengan masa belajar hingga empat tahun

Pada tahun 2022 dan 2021 juga lalu, terdapat tulisan atau informasi mengenai sinkronisasi akun Lembaga Penyelenggara Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan KIP Kuliah.

Kemudian yang menjadi masalah dan banyak dibahas, pada tahun 2023 ini status sinkronisasi SNPMB tidak muncul di akun KIP Kuliah dan tidak mengetahui bagaimana solusinya. Solusi untuk permasalahan terkait sinkronisasi KIP Kuliah yang tidak muncul adalah para peserta bisa menyelesaikan dan memilih “seleksi” di akun KIP Kuliah untuk SNBP. Pastikan Anda juga sudah memilih seleksi dan muncul Nomor Pendaftaran KIP Kuliahnya.

sejak tahun 2022 lalu proses sinkronisasi ini sudah muncul secara otomatis, sehingga calon peserta penerima manfaat KIP Kuliah tidak perlu menekan tombol sinkronisasi untuk mensinkronkan data KIP Kuliah dan juga akun SNBP.

Perlu diperhatikan bahwa supaya data KIP Kuliah dan akun SNBP tersinkron dengan baik, yaitu
  1. data nama lengkap, 
  2. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), 
  3. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), 
  4. dan juga Nomor Induk Kependudukan NIK dari dua akun tersebut harus benar dan sama persis. Sebab, jika keduanya tidak sama persis, maka akan tidak bisa tersinkronkan.
Sehingga, penting untuk selalu cek secara berkala status sinkronisasi data KIP Kuliah di akun Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).***