Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Detail Ayah Di KIP Kuliah

Cara Mengisi Detail Ayah Di KIP Kuliah. Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar-Kuliah atau KIP Kuliah 2023 telah dibuka. Pendaftaran KIP Kuliah berlangsung sejak 14 Februari hingga 31 Oktober.
Cara Mengisi Detail Ayah Di KIP Kuliah
Di dalam formulir pendaftaran KIP Kuliah, setiap Calon Mahsiswa wajib mengisi biodata diri dan keluarga lengkap, termasuk detail informasi ayah. Berikut contoh dan cara mengisi detail ayah di KIP kuliah tahun 2023.

KIP Kuliah merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi lulusan SMA/SMK sederajat yang memiliki potensi akademik baik, tetapi terbatas secara ekonomi atau Kurang mampu Peserta yang layak menerima bantuan KIP Kuliah akan ditanggung seluruh biaya pendidikannya selama di perguruan tinggi sekaligus mendapat bantuan biaya hidup pada masa belajar.

Cara Mengisi Detail Ayah di KIP Kuliah 2023

peserta harus menjelaskan detail mengenai latar belakang keluarga termasuk status dan profesi ayah dan ibu.

Khususnya untuk latar belakang ayah, hal-hal yang perlu diisi di formulir KIP Kuliah adalah sebagai berikut:
  1. Mengisi nama lengkap ayah sesuai di KTP.
  2. Mengisi status ayah, apakah masih hidup atau meninggal.
  3. Mengisi status hubungan ayah, apakah ayah kandung, tiri, atau wali.
  4. Mengisi status riwayat pendidikan ayah, misalnya SD, SMP, SMA, atau tidak sekolah sama sekali.
  5. Deskripsi kondisi kesehatan ayah secara umum. Misalnya sehat atau memiliki riwayat penyakit penyerta.
  6. Deskripsi kegiatan pekerjaan ayah sehari-hari, seperti buruh pabrik, petani, bekerja serabutan, pedagang, atau profesi lainnya.

Tanggungan yang ditanggung ayah. Ini bisa ditulis dengan detail misalnya menanggung istri, anak disebutkan jumlahnya, atau anggota keluarga lain yang termasuk tanggungan.

Contoh Mengisi Detail Ayah di KIP Kuliah 2023

Di bawah ini contoh dan cara mengisi detail ayah di KIP kuliah 2023. Deskripsi tentang ayah harus mencakup seperti syarat-syarat yang ditanyakan dalam formulir. Mulai dari nama, status, riwayat pendidikan, kondisi kesehatan, pekerjaan sehari-hari, hingga tanggungan ayah.

Begini format penulisan deskripsi ayah di formulir KIP kuliah 2023.

"Ayah saya yang bernama Sodikin berusia 60 tahun. Beliau merupakan ayah kandung saya, dan pendidikannya hanya sampai tamat SMA. Kondisi kesehatan ayah cukup baik karena tidak memiliki penyakit. Namun, faktor usia membuat ayah saya tidak bisa bekerja terlalu keras lantaran kondisi tubuhnya mulai renta. Sehari-hari ayah bekerja sebagai tukang jahit keliling. Ia mengayuh sepeda dari satu tempat ke tempat lain sesuai kemampuannya untuk mencari pelanggan yang mau menjahit pakaian. Penghasilan ayah per hari tidak menentu, biasanya sekitar Rp50 ribu hingga Rp100 ribu. Upah yang tidak seberapa itu digunakan ayah untuk menanggung istri dengan kondisi sakit keras, dan dua orang anak. Yaitu, saya yang merupakan anak pertama kelas tiga SMA dan anak kedua masih duduk di bangku sekolah dasar. Dikarenakan penghasilan ayah tidak seberapa untuk menopang hidup keluarga sehari-hari apalagi untuk biaya pendidikan pun sangat tidak mencukupi, oleh sebab itu saya mohon pertimbangan Bapak/Ibu dari pihak penyelenggara untuk bersedia memberikan bantuan KIP Kuliah kepada saya. Demikian, terima kasih."

Itulah contoh dan cara mengisi detail ayah di KIP kuliah 2023 yang dapat disesuaikan dengan keadaan masing-masing. Semoga membantu.