Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGHITUNG NILAI SEMESTER

CARA MENGHITUNG NILAI SEMESTER. Cara menghitung nilai rata rata raport semester 1-5 biasanya dibutuhkan sebagai syarat pendaftaran SNMPTN.
cara menghitung ipk per semester cara menghitung ipk semester 1 cara menghitung nilai mata kuliah cara menghitung ipk a- b+ cara menghitung ipk ditambah skripsi cara menghitung ip semester 2 cara menghitung ipk sma nilai ipk tertinggi
Nilai raport adalah syarat yang sangat mutlak harus diinput pada saat mendaftar PTN dengan jalur SNMPTN yang sudah ditentukan kuotanya./ jumlahnya Oleh karena itu, siswa juga harus mengetahui cara penghitungannya supaya tidak keliru dan nilai yang dimasukkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan prodi tujuan.

Terlebih lebih pada Kurikulum 2013 terdapat sistem penilaian berdasarkan pengetahuan dan keterampilan. Kedua jenis nilai tersebut sering kali membingungkan, sehingga siswa harus cermat dalam menghitung rata-rata nilai raport.

Guru wali kelas atau guru Bimbingan Konseling biasanya akan memberitahukan cara menghitung rata-rata nilai raport. Akan tetapi, tidak ada salahnya bagi siswa untuk belajar terlebih dahulu. Pada pembahasan ini akan kita kupas secara mendetil cara menghitung nilai rata-rata raport, tepatnya untuk semester 1-5. Berikut ini adalah pembahasanya simak secara cermat

Soal
Cara menghitung nilai rata rata raport semester 1-5 yaitu?

Jawaban
Terdapat 3 hal utama yang patut diperhatikan pada saat menghitung rata-rata nilai rapor di Kurikulum 2013. Hal tersebut yaitu:

1. Nilai Pengetahuan dan Keterampilan Dihitung Rata-Ratanya Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan oleh siswa untuk menghitung rata-rata nilai adalah menjumlahkan dan membuat rata-rata dari nilai pengetahuan dan keterampilan. Contohnya, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, seorang siswa memperoleh nilai pengetahuan sebesar 84 dan nilai keterampilan sebesar 80 pada semester 1.

Maka, nilai rata-rata mata pelajaran Bahasa Indonesia di semester 1 yaitu (84 + 80) : 2 = 82.

Penghitungan ini juga berlaku untuk mata pelajaran lainnya dan pada semester 2-5.

2. Menjumlahkan Nilai per Mata Pelajaran dari Semester 1-5 Kemudian Dihitung Rata-ratanya

Setelah selesai menghitung rata-rata nilai per mata pelajaran per semester, selanjutnya adalah menghitung rata-rata per mata pelajaran dari semester 1-5.

Caranya adalah dengan menjumlahkan lima nilai dan membaginya dengan 5.

Misalnya, nilai rata-rata mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diperoleh siswa adalah seperti ini:
  • Semester 1 = 82
  • Semester 2 = 80
  • Semester 3 = 84
  • Semester 4 = 86
  • Semester 5 = 85
Maka, rata-rata nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia dari semester 1-5 adalah = (82 + 80 + 84 + 86 + 85) : 5 = 83, 4


3. Lakukan Penghitungan Rata-rata pada Seluruh Mata Pelajaran

Cara yang diuraikan pada nomor 1 dan 2 diterapkan pada seluruh mata pelajaran yang ada di raport.

Dengan begitu, nanti akan diperoleh nilai rata-rata tiap mata pelajaran dari semester 1-5. Jangan lupa untuk membuat catatan yang jelas supaya tidak tertukar nilai satu mata pelajaran dengan yang lainnya.

Demikian ulasan tentang cara menghitung nilai rata rata raport semester 1-5 yang dapat dipraktikkan oleh siswa untuk persiapan mendaftar SNMPTN.***


Related searches
  • cara menghitung ipk per semester
  • cara menghitung ipk semester 1
  • cara menghitung nilai mata kuliah
  • cara menghitung ipk a- b+
  • cara menghitung ipk ditambah skripsi
  • cara menghitung ip semester 2
  • cara menghitung ipk sma
  • nilai ipk tertinggi