Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar KIP Kuliah Bagi Yang Tidak Punya KIP

Cara Daftar KIP Kuliah Bagi Yang Tidak Punya KIP. Siswa SMA/SMK sederajat lulusan 2020 hingga 2023 bisa mendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023
kip-kuliah.kemdikbud.go.id login syarat kip kuliah cara daftar kip kuliah 2023 pendaftaran kip kuliah 2023/2024 sim kip kuliah daftar kip online kip kuliah untuk mahasiswa lama kip kuliah untuk mahasiswa semester 3
Pendaftaran KIP Kuliah 2023 dibuka secara online melalui situs kip kuliah.kemdikbud.go.id. Syarat syarat untuk mendaftar KIP Kuliah 2023 ialah siswa harus memiliki KIP. Namun, siswa yang tidak punya KIP masih bisa mendaftar KIP Kuliah 2023.

Siswa yang tidak punya KIP bisa mendaftar KIP Kuliah 2023 dengan sejumlah syarat yang harus dipenuhi.
  1. berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi dengan ketentuan bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp4 juta setiap bulan.Atau, pendapatan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000.
  2. siswa harus memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan/desa sesuai domisili.
Untuk membuat SKTM, dilakukan dengan menghubungi RT/RW untuk meminta syarat berkas dan surat pengantar ke kelurahan/desa. Kemudian, ajukan surat pengantar beserta syarat berkas pembuatan SKTM ke kelurahan/desa.

Pembuatan SKTM di kelurahan/desa umumnya membutuhkan waktu paling lama 1 hari kerja. Setelah mendapatkan SKTM, siswa bisa menscan SKTM tersebut bersama foto dokumen pendukung keadaan ekonomi.

Selanjutnya, siswa dapat mendaftar KIP Kuliah 2023 secara online dengan cara berikut ini.

Cara Daftar KIP Kuliah 2023
  1. Buka link pendaftaran https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru. Bisa juga mendaftar melalui KIP Kuliah mobile apps berbasis android.
  2. Masukan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif pada kolom yang tersedia.
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan memvalidasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah. Jika validasi berhasil, sistem KIP Kuliah akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.
  4. Selanjutnya, login ke dalam SIM KIP Kuliah dengan memasukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses.Langkah ini dilakukan untuk menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah 2023 dan memilih jalur penerimaan nasional yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SNMPN/SBMPN/ Mandiri).
  5. Kemudian, selesaikan proses pendaftaran di portal atau SIM KIP Kuliah sesuai jalur penerimaan nasional masuk perguruan tinggi yang dipilih.
Pendaftaran KIP Kuliah 2023 akan dibuka dengan skema setiap H-1 pembukaan hingga H-1 penutupan jalur penerimaan nasional perguruan tinggi.***

Related searches
  • kip-kuliah.kemdikbud.go.id login
  • syarat kip kuliah
  • cara daftar kip kuliah 2023
  • pendaftaran kip kuliah 2023/2024
  • sim kip kuliah
  • daftar kip online
  • kip kuliah untuk mahasiswa lama
  • kip kuliah untuk mahasiswa semester 3