Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KAPAN CAIR PIP UNTUK JENJANG SMP

KAPAN CAIR PIP UNTUK JENJANG SMP.  PIP Kemdikbud akan kembali menyurkan bantuan PIP untuk jenjang SMP di tahun 2023 ini.

KAPAN CAIR PIP UNTUK JENJANG SMP

PIP Kemdikbud ini merupakan bantuan yang ditujukan bagi para siswa yang tengah menempuh pendidikan baik jalur formal (SD, SMP, SMA/SMK), maupun jalur non formal seperti Paket A hingga Paket C dan pendidikan khusus.

Namun, PIP Kemdikbud ini lebih ditujukan kepada para siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu ( miskin ) untuk terus mendapatkan layanan pendidikan hingga tingkat menengah.

Dengan adanya PIP Kemdikbud ini diharapkan dapat mencegah para siswa dari kemungkinan putus sekolah, serta dapat menarik kembali siswa yang sempat putus sekolah untuk kembali melanjutkan pendidikannya.

Tentunya, para siswa yang ingin mendapatkan PIP Kemdikbud ini wajib memenuhi syarat dengan memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) terlebih dahulu.

Para siswa yang telah memiliki KIP berkesempatan untuk kembali mendapatkan PIP Kemdikbud di tahun 2023 ini dengan Jumlah yang berbeda-beda.

Dikutip dari laman resmi Kemdikbud, berikut ini adalah nominal PIP Kemdikbud yang akan diterima oleh para siswa sekolah.
  1. Siswa SD/SDLB/Paket A akan menerima PIP Kemdikbud sebesar Rp450.000 per tahun.
  2. Siswa SMP/SMPLB/Paket B akan menerima PIP Kemdikbud sebesar Rp750.000 per tahun.
  3. Siswa SMA/SMK/Paket C akan menerima PIP Kemdikbud sebesar Rp1 juta per tahun.

Apabila melihat sistem penyaluran tahun 2022, PIP Kemdikbud akan cair ke masyarakat dalam tiga tahap selama satu tahun. Penyaluran PIP Kemdikbud tahap 1 diperkirakan dimulai pada Februari hingga April, tahap 2 pada Mei hingga September, dan tahap 3 pada Oktober hingga Desember.

Apabila skema penyaluran tersebut kembali berlaku di tahun ini, PIP Kemdikbud 2023 bagi siswa SD, SMP, dan SMA diperkirakan akan cair pada Februari mendatang. Para siswa pemegang KIP yang ingin mencairkan PIP Kemdikbud wajib melakukan aktivasi rekening di Bank BRI dan Bank BNI yang merupakan bank penyalur bantuan ini.

Para siswa dapat melakukan cek nama penerima dan juga cek saldo PIP Kemdikbud ini secara online melalui link pip.kemdikbud.go.id.

Berikut adalah cara cek nama penerima dan saldo PIP Kemdikbud 2023 secara online di link pip.kemdikbud.go.id.
  1. Buka link pip.kemdikbud.go.id secara online menggunakan Google maupun browser HP lainnya.
  2. Silakan isi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan juga Nomor Induk Kependudukan (NIK) siswa yang akan dicek namanya.
  3. Berikutnya, jawab soal perhitungan yang diberikan pada kolom yang telah disediakan.
  4. Pastikan NISN dan NIK siswa telah sesuai, kemudian kirim dengan klik 'Cek Penerima PIP' yang ditandai dengan tombol berwarna biru.

Demikian informasi mengenai PIP Kemdikbud 2023 bagi siswa SMP beserta cara cek penerima dan saldo bantuan ini secara online di link pip.kemdikbud.go.id.

Penelusuran terkait
  • cek pip 2023
  • cek pip 2023 kapan cair
  • kapan pip 2023 cair smk
  • kapan pip 2023 cair sma
  • cara cek pip lewat hp
  • cara cek pip sd yang belum dicairkan